Gigi Indahmu Memberi Senyum Terindah

By | May 28, 2024

Senyum merupakan salah satu cara berkomunikasi yang luar biasa hebat yang dikenal dalam peradaban manusia. Saking hebatnya peranan Senyuman ini sampai Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam pun bersabda : “Senyumanmu kepada saudaramu adalah sedekah.”

Senyum yang disertai dengan tampaknya deretan gigi geligi yang sehat putih dan cermelang serba muncul dalam hati yang tulus akan memberikan Citra yang positif dari seseorang dalam berkomunikasi. Hati yang gundah jengkel geram seringkali bisa lenyap seketika Dengan hadirnya senyuman seseorang. Ibarat api yang terguyur oleh air langsung padam seketika itu juga. Oleh karena itu kita harus senantiasa berusaha agar gigi kita tetap bersih sehat dan Cemerlang sehingga bisa menghadirkan senyuman yang betul-betul menyejukkan.

Lantas Bagaimana kita bisa mewujudkan semua itu? Semua yang kita butuhkan ada pada kita. Modal berupa mulut gigi lidah dan lain-lain sudah Allah anugerahkan kepada kita tanpa bayar. Tinggal bagaimana kita memanfaatkan itu semua tentunya dengan memelihara anugerah itu agar bisa kita hadirkan setiap saat, kita sebarkan kepada orang-orang di sekitar atau lingkungan kita. Senyuman indah dan menawan.

Cara pemeliharaan gigi

Agar senyuman kita tetap menarik dan mendatangkan kedamaian kepada sesama, maka gigi kita harus kita pelihara dengan baik. Beberapa cara yang lazim dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi yaitu:

  1. Dengan Berkumur – kumur
  2. Dengan Benang Gigi
  3. Dengan Menggosok Gigi

Banyak sekali pasien yang mengeluh giginya masih keropos juga padahal sudah gosok gigi sehari dua kali atau tiga kali. Ini satu pertanda bahwa cara menggosok gigi kurang tepat dekat atau menggosok gigi adalah salah satu kegiatan untuk membersihkan gigi dari kotoran yang ada pada gigi yang dikenal dengan sebutan plak gigi. Adalah lapisan tipis yang menutupi permukaan gigi yang mengandung sejenis protein dan bermacam bakteri bakteri Ini mendapat makanan dari zat yang terkandung dalam air ludah. Ada juga bakteri yang mendapat makanan dari zat yang dihasilkan oleh bakteri lain. Ada juga bakteri yang menghasilkan zat yang membunuh bakteri lain. Ini yang disebut sebagai sebuah ekosistem.

Dalam rongga mulut kita terdapat jutaan bakteri, di antara bakteri ini ada yang bakteri patogen menyebabkan sakit ada juga bakteri yang merupakan flora normal mulut. Kalau kita ingin menjaga gigi dan mulut tetap sehat maka kita harus menjaga keseimbangan ekosistem yang ada dalam rongga mulut kita. Maka yang harus kita bersihkan adalah plak dan bakteri yang menyebabkan sakit. Sedang bakteri yang tidak menyebabkan sakit, harus dibiarkan tetap hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *